Selasa, 04 Desember 2012

Budidaya Mahkota Dewa


 


Budidaya  Mahkota Dewa





                                                                                                                            

Pemilihan Bibit


                                                                                                                       
Pembudidayaan  tanaman Mahkota Dewa dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara Vegetatif dan Generatif, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan nya tersendiri.

-Cara Vegetatif : yaitu pembibitan dengan metode pencangkokkan batang,  pilihlah . ..pohon yang hendak dicangkok, jangan lupa untuk memperhatikan tempilan (tunas ..muda) pohon, intensitasnya dalam berbuah dan lain lain.

-Cara Generatif : yaitu pembibitan dengan metode pembiakan dari biji, seleksilah bibit-..bibit yang akan digunakan dengan seksama agar memberikan hasil yang maksimal yaitu ..memiliki produktifitas yang baik.




Pengolahan Tanah, Penanaman, Pemupukan



Media Tanam

                                                                                                                     
Media tanam adalah hal yang mutlak (media atau tempat) diperlukan untuk tumbuh kembang suatu tanaman. Namun, setiap media tanam harus disesuaikan dengan keaadaan masing-masing tanaman

Sebelum Anda menanam bibit, cek dan amati kesuburan tanah, bisa dengan menggemburkan tanah. Perhatikan pula lubang tanam karena penting untuk membiarkan lubang tanam dalam keadaan terbuka sekitar seminggu agar udara luar dan sinar matahari dapat masuk.

Jika bibit dan medium tanam sudah siap, persiapkan proses penanaman. Setelah penanaman, berikutnya adalah pemeliharaan seperti pemupukan, penyiraman, serta penyiangan dari gulma dan pembasmian hama.



Penyiraman, Pemupukan, Penyiangan                                                     



Pupuk adalah zat yang mutlak diperlukan tanaman  untuk hidup yang didalamnya terdapat unsur hara makro dan mikro. Banyak yang menjual macam-macam pupuk dewasa ini.                          

Pupuk yang dianjurkan adalah pupuk organik berbahan alami karena tentunya mahkota dewa digunakan sebagai obat herbal. Pupuk anorganik yang memiliki kandungan kimia akan mempengaruhi kualitas mahkota dewa sebagai obat herbal.

Selanjutnya adalah proses penyiraman. Penting untuk diperhatikan karena mahkota dewa merupakan tanaman yang konsumsi airnya terbilang cukup tinggi.



Penyiangan tak kalah penting untuk dilakukan secara frekuentif. Penyiangan berfungsi untuk melawan gulma sepanjang tahun. Hama yang sering menyerang mahkota dewa yaitu belalang, ulat buah, dan kutu putih. Untuk mengusirnya, gunakanlah pestisida organik.                                                 


Panen

Masa panen. Tanaman ini dikatakan siap panen jika buahnya berwarna merah terang dan baunya manis seperti gula pasir. Lakukan proses penyortiran, pencucian, pemotongan daging buah, pengeringan dan lain-lain untuk meningkatkan daya jualnya.


                                                                                                                                                                  


Demikian semoga bermanfaat,
Terima kasih,


Sean conn








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut Anda?